Bagian-Bagian Tubuh dalam Bahasa Tunjung

Di era sekarang, di zaman modern, kita mengalami berbagai perkembangan. Perkembangan tersebut terjadi dalam beragam aspek kehidupan, tidak terkecuali bahasa.

Bahasa juga melalui banyak perkembangan. Beberapa bahasa yang bukan bahasa asli bahkan diadaptasi untuk dipergunakan dalam kehidupan masyarakat Dayak Tunjung. Entah karena kurangnya kosakata atau mungkin tergerus oleh bahasa lainnya, sehingga digunakanlah bahasa lain sebagai pelengkap. Dengan melihat permasalahan itu, saya berusaha mengumpulkan beberapa kata yang saya ingat. Semoga kumpulan kata ini bermanfaat bagi yang ingin mempelajari bahasa Tunjung.

Wee = mata
Uruungk = hidung
Oncoongk = mulut
Neneeng = telinga
Alaw = rambut
Sumitt = kumis
Kuhungk = kepala
Lohoongk = leher
Angaq = tangan
Undaangk = kaki
Benteet = betis
Kukuuq = kuku
Gerigiq = jari
Tunyuq = telunjuk
Keneet = kening
Pipiiq = pipi
Tutt = lutut
Paak = paha
Kesiingk = gigi
Celaq = lidah
Sikuq = siku
Naiiq = perut
Dadaq = dada
Pehapaat = selangkangan
Teloo = buah pelir
Utiq = penis (kasar)
Pukiq = vagina (kasar)
Sebarangk = kemaluan pria/wanita (lebih sopan)

Di artikel ini saya hanya menuliskan bagian-bagian tubuh dalam bahasa Tunjung yang saya ingat. Jika terjadi kesalahan/kekurangan, mohon agar dikoreksi, sehingga nantinya akan menjadi lebih baik lagi.

Mari kita lestarikan bahasa daerah, khususnya bahasa Dayak Tunjung.

Charles Timothy

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.