Cara Mengganti Model Rambut di Photoshop

Di tutorial ini, saya akan bereksperimen dengan model atau gaya rambut. Saya akan coba mengganti gaya rambut manusia dengan senyum sok imut ini, namanya Daniel Mananta.

Udah pada tahu kan siapa dia? Daniel adalah pembawa acara Indonesian Idol sejak 2006 (musim ke-3) hingga sekarang 2014 (musim k-7). Sebelumnya, karir Daniel dimulai dengan menjadi VJ di MTV Indonesia. Dulu gue suka banget tuh pelototin MTV, apalagi kalo yang bening-bening muncul, kayak VJ Rianti dan VJ Marissa. Lha, malah bahas VJ.

Kembali ke topik. Langsung saja, siapkan sebuah foto untuk eksperimen kita kali ini.


Penampakan

Foto yang diambil dari depan seperti ini akan mempermudah dalam penggantian gaya rambut. Karena paket rambut di photoshop yang saya gunakan ini kebanyakan terlihat dari depan, dan sebagian hanya miring beberapa derajat.

Selanjutnya pilih gaya rambut yang diinginkan. Copy dan Paste di layer photo, sesuaikan ukurannya. Belum punya model-model rambut? Download disini.



Lihat rambutnya, ada rambut asli yang menonjol. Kita bisa menghapusnya dengan menggunakan Clone Stamp Tool. Teknik ini adalah menggandakan bagian-bagian di sekitar untuk menutupinya. Lihat lingkaran merah, itu adalah bagin yang saya gunakan.


Pilih Clone Stamp Tool (ukuran menyesuaikan; size=20, hardness=0%), kemudian tekan ALT (tahan), lalu klik di area yang ingin digandakan. Jika sudah, lepas saja tombol ALT, dan sapukan di rambut yang ingin kita hilangkan tadi.



Bagaimana? Apakah hasilnya memuaskan.

Charles Timothy

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.