5 Tips Mendesain Logo

Apa sih LOGO?
"Logo adalah huruf atau lambang yg mengandung makna, terdiri atas satu kata atau lebih sebagai lambang atau nama perusahaan dan sebagainya."


Menurut definisi dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) di atas, maka bisa diambil kesimpulan bahwa logo merupakan suatu identitas bagi perusahaan ataupun organisasi lainnya. Dan tentunya mengandung makna pada logo tersebut.

Apa sih keuntungan membuat logo?

Pertama, saya akan berikan pertanyaan untuk anda. Pernahkah melihat logo PLN? Mungkin anda pernah. PLN itu berhubungan dengan apa? Anda pasti tahu hal ini. PLN berhubungan dengan listrik; listrik berhubungan dengan petir, kilatan, lampu dan sejenisnya yang menghasilkan energi. Jadi, itulah kenapa pada logo PLN terdapat gambar kilatan petir. Sama halnya dengan logo PDAM, yang menggunakan gambar air. Dengan hanya melihat logo, orang akan tau apa yang ada di sana. Dengan hanya melihat logo, orang akan tahu perusahaan tersebut bergerak dalam bidang apa.

Mendesain logo itu cukup mudah, tidak sesusah yang dipikirkan. Tapi tentunya tidak segampang yang dilihat. Berikut ini adalah tips sebelum mendesain logo:
1. Pelajari perusahaan/organisasi tersebut, mereka bergerak dalam bidang apa. Misal mainan; berarti kita bisa mengambil bentuk kotak dan mainan. Atau dalam bidang teknologi; berarti kita bisa mengambil gambar wireless, komputer atau hal yang lebih spesifik lagi berkaitan dengan perusahaan tersebut.
2. Jangan berlebihan menggunakan objek. Usahakan sederhana dan bermakna.
3. Pelajari lebih dalam apa keunikan dari desain yang anda buat. Menggali potensi anda adalah salah satu hal utama. Albert Einstein pernah bilang: "jika anda tidak bisa menjelaskan, berarti anda sendiri tidak mengerti."
4. Luangkan waktu untuk berimajinasi. Bisa dengan melihat-lihat hal disekitar anda. Jangan pernah gunakan waktu luang untuk bermain poker atau hal berbau judi dan sejenisnya. Bukannya anda akan berpikir dan berimajinasi, anda malah akan dipusingkan dengan kekalahan.
5. Tarik nafas yang dalam, tuangkan ide anda, dan mulailah mendesain. Jangan pernah takut untuk memulai. Sesuatu yang buruk di awal bukan berarti akan buruk di akhir. Ingat sebuah kutipan: "segala sesuatu akan berakhir indah." Yakinlah!

Selamat mendesain...

Lihat juga, Cara Mudah Mendesain Logo

Charles Timothy

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.