Cara menginstall Joomla 3.1 di localhost via WampServer

Oke nggak perlu banyak basa-basi, langsung saja membahas topik yang disebutkan pada judul di atas. Syarat utama, di komputer Anda harus sudah terinstall WampServer, pastikan telah diaktifkan karena saya tidak akan mengingatkan lagi tentang ini.
Download: Joomla 3.1


Buka c:\wamp\www
Jika sudah, buatlah sebuah folder dengan nama Joomla3 di dalam folder www itu, nama folder bisa Anda kreasikan sendiri. Kemudian copy file zip Joomla yang telah Anda download tadi ke folder Joomla3, kemudian ekstrak. Tunggu hinga proses ekstrak selesai.


Buka browser, lalu ketikan "localhost" pada address bar. Maka akan muncul WAMPSERVER Homepage. Scroll ke bawah, lihat pada bagian Your Projects, pilih Joomla3.



Akan muncul menu installasi Joomla. Pertama, kita akan berada di tab Pengaturan. Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan, misal Bahasa Indonesia. Lalu, pada bagian Konfigurasi Utama isikan sesuai yang Anda inginkan; nama situs, deskripsi, email, nama pengguna admin, sandi admin, dan konfirmasi sandi admin. Ingat baik-baik nama pengguna dan kata sandinya, karena akan dibutuhkan untuk masuk ke panel admin. Pada padamkan situs, pilih tidak. Jika sudah klik berikutnya.


Kita akan dibawa ke tahap kedua, Konfigurasi Database. Karena ini di localhost dan hanya untuk uji coba, jadi atur saja seperti di bawah ini:
# Tipe Database: MySQLi
# Nama Host: localhost
# Nama Pengguna: root
# Sandi: (kosongkan)
# Nama Database: JurnalKita (buat sesuka Anda)
# Tabel: (biarkan default)
# Proses Database Lama: (biarkan default)


Jika sudah selesai dikonfigurasi, klik berikutnya.


Setelah konfigurasi database selesai, kita akan dibawa ke tahap ketiga, Ikhtisar. Pada bagian Pasang Contoh Data, pilih salah satu contoh data. Pada bagian Pengaturan Email biarkan saja terpilih pada Tidak (default). Oke, selesai semuanya, klik Pasang. Maka Joomla akan diinstal di localhost Anda. Tunggu saja hingga prosesnya selesai.



"Selamat! Joomla! telah terpasang."
Pada tahap ini Anda harus mengklik hapus direktori pemasangan untuk menghapus folder installasi Joomla di localhost. Maka akan muncul pesan direktori pemasangan berhasil dihapus.

Installasi Joomla telah selesai, selamat menggunakan Joomla. Untuk melihat tampilan Joomla yang telah Anda install tadi buka saja di localhost dan pilih folder Joomla Anda (jika mengikuti contoh: localhost/Joomla3/). Untuk mengatur konten, masuk saja melalui menu login Administrator (localhost/Joomla3/Administrator).

Charles Timothy

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.