Memperbaiki Foto Rusak

Apakah sahabat kita punya foto jadul, tapi ada bagian putih-putih karena kapas yang menempel atau mungkin putih karena foto menempel pada bingkai kaca. Nah, disini saya akan memberikan tips dan trik cara memperbaikinya.

FYI - for your information, jaman dulu kala tahun 90an, 'yang saya tahu', ada kebiasaan unik memasukkan foto kedalam bingkai lalu diberi kapas. Fungsinya supaya foto bisa dilepas kembali dari bingkai tanpa merusaknya. Tapi kadang tetap aja fotonya rusak. Itu dulu, entah apa masih dilakukan hingga sekarang.

Oke, daripada banyak basa-basi, langsung saja kita mulai.

Buka sebuah foto yang ingin sahabat perbaiki. Disini saya menggunakan foto Cinta Laura yang masih unyu-unyu bersama ayahnya.


Jika sudah, pilih Clone Stamp Tool. Simbolnya stempel, letaknya di baris Tools.


Atur ukuran Clone Stamp Tool, sesuaikan dengan ukuran kerusakan dan detil gambar. Disini saya menggunakan ukuran 10 px karena kerusakannya kecil-kecil, fungsinya agar tidak merusak bagian gambar yang lain. Sahabat harus berkreasi sendiri untuk ukurannya, setiap bagian bisa saja berbeda ukurannya.


Arahkan mouse ke area yang ingin digandakan. Tekan ALT pada keyboard, lalu klik kiri pada mouse.


Arahkan mouse ke area yang ingin diperbaiki, lalu klik kiri seperti biasa untuk memperbaikinya.

Ini adalah memperbaiki dengan cara menggandakan area terdekat yang mirip. Pada bagian rambut, saya menggunakan rambut disebelahnya. Lakukan berulang-ulang bagian dan hingga selesai. Dan lihatlah dibawah ini hasilnya, bagaimana? apakah sahabat puas.



Ada yang tidak dimengerti, ajukan saja pertanyaan pada kolom komentar di bawah.

Charles Timothy

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.