Cara Membuat Border di Microsoft Word 2010

Border atau bingkai berfungsi untuk mempercantik tampilan cover. Bingkai ini seringkali digunakan pada sampul makalah, kliping ataupun tugas-tugas sekolah lainnya.

Dulu sewaktu di SMK, saya sering menggunakan bingkai pada setiap tugas. Hasilnya, tugas saya mendapat nilai yang bagus. Entah nilai bagus itu karena cover berbingkai atau isinya ya, haha. Tapi setidaknya itu sebuah bentuk usaha untuk memberikan yang terbaik.

Ok, kembali ke topik. Bagaimana membuat bingkai yang enak dipandang? Nah, disini akan saya berikan cara termudah dan sekaligus menjelaskan bagian-bagian yang mungkin belum sahabat ketahui. Ayo mari kita mulai!

❶ Pada ribbon Page Layout pilih Page Border. Maka akan muncul kotak dialog Border and Shading.


❷ Pastikan telah berada pada tab Page Border, lalu pilih jenis border yang sahabat inginkan.
Style: berisi bingkai berbentuk garis. Abaikan saja bagian style ini jika tidak ingin menggunakan bingkai garis.
Color: pilihan warna yang bisa sahabat gunakan.
Width: ukuran lebarnya bingkai yang ingin digunakan.
Art: kebanyakan orang memilih bagian ini jika menggunakan bingkai. Pilihan bingkai-bingkainya unik, silakan pilih yang sahabat sukai.


❸ Jika sudah memilih bingkai, harap jangan dulu mengklik OK. Karena bingkai yang sahabat buat akan secara otomatis menjadi bingkai halaman. Maksudnya, bingkai yang dibuat akan mengitari sudut-sudut halaman. Jika tidak ingin seperti itu, klik Option untuk pengaturan selanjutnya.


❹ Pada Measure from, pilih Text. Kenapa memilih text? Karena sahabat akan membuat border dari sudut-sudut teks, bukan sudut halaman. Jika sudah klik OK untuk menyelesaikan.

Bagaimana? Gampang 'kan membuat border/bingkai.

Charles Timothy

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.