Komplikasi

Komplikasi, drama di ujung pisau bedah adalah kisah nyata. Sebuah catatan tentang ilmu yang tak sempurna.

Komplikasi menyajikan sains dengan gamblang, bukan dalam bentuknya yang berbunga-bunga namun sebagaimana apa adanya. Tidak pasti dan penuh misteri. Dalam sejumlah kisah nyata yang menceka, dokter bedah Atul Gaande menguak kedigdayaan sekaligus keterbatasan dunia kedokteran. Para profesional di bidang kedokteran juga membuat kesalahan, masih terus mempelajari pekerjaan mereka, dan mereka-reka teknik mereka.

Komplikasi mempersembahkan pandangan nyata dari ujung pisau bedah, menyelediki bagaimana kesalahan-kesalahan maut terjadi dan mengapa ahli bedah yang andal bisa bertindak bodoh. Cerita-cerita yang dituturkan Gawande mengingatkan bahwa para dokter "hanya" manusia. Beberapa gagasannya mungkin membuat para penyedia layanan kesehatan gelisah atau bahkan marah, tapi gayanya yang meyakinkan, pengakuannya yang jujur, dan argumennya yang bijaksana akan menaklukkan kebanyakan pembaca.

"Tak ada yang dapat mengalahkan Gawande dalam membangkitkan kepekaan terhadap keadaan darurat, dalam menggambarkan secara memukau kenyataan di bangal, ketegangan drama kedokteran atau drama pembedahan yang berlangsung dari detik ke detik. Komplikasi sangat mengesankan karena kebenaran dan keasliannya." -The New York Times Book Review

Charles Timothy

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.